Terapkan 6 Cara ini Agar Mobil Lebih Irit Bahan Bakar

Ketika memiliki mobil, Anda bukan hanya harus memikirkan biaya perawatannya saja, melainkan juga konsumsi bahan bakar yang Anda perlukan untuk menggunakan mobil tersebut sehari-hari. Saat ini ada banyak pilihan mobil yang didesain agar hemat bahan bakar seperti berbagai tipe mobil Wuling

Agar mobil irit bahan bakar


Namun selain itu, sebenarnya Anda juga bisa melakukan beberapa hal agar mobil yang Anda kendarai bisa lebih irit bahan bakar, seperti beberapa tips berikut. 

1. Mengatur laju kendaraan secara bertahap

Anda mungkin tidak tahu bahwa gas yang ditekan terlalu dalam saat mobil masih dalam keadaan berhenti bisa membuat konsumsi bahan bakar yang digunakan semakin boros. Hal ini bukan hanya berlaku pada gas yang ditekan terlalu dalam secara mendadak, melainkan juga ketika Anda melakukan pengereman secara mendadak. 

Selain itu, hal tersebut juga bisa membuat mesin mobil Anda lebih cepat rusak. Maka, cara terbaik dalam menggunakan mobil Anda ialah dengan mengatur laju mobil secara bertahap. Injaklah gas dengan perlahan mulai dari pelan hingga menuju kecepatan yang Anda inginkan. Begitu pula saat Anda melakukan pengereman. Usahakan melakukan pengereman secara lembut dan perlahan. 

2. Melaju dengan kecepatan stabil

Kendaraan yang melaju pada kecepatan stabil akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dibanding jika Anda melaju kendaraan pada kecepatan yang berubah-ubah secara mendadak. Jika mobil Anda memiliki fitur cruise control, maka Anda bisa lebih mudah mengatur kestabilan laju mobil karena fitur tersebut bisa mengunci laju kendaraan tanpa Anda perlu menginjak gas secara terus-menerus. 

3. Menggunakan gigi yang tepat

Agar mobil Wuling Anda yang sudah didesain irit bahan bakar bisa lebih hemat lagi dalam pemakaian bahan bakar, pastikan Anda menggunakan gigi yang tepat untuk berbagai kondisi dan situasi jalanan, terutama jika mobil Anda menggunakan transmisi manual. Misalnya ketika Anda berada di jalan menanjak maka gunakanlah gigi rendah. Jika Anda berjalan di jalan landai, gunakanlah gigi tinggi agar kinerja mesin tidak berat. 

4. Menutup kaca mobil

Salah satu cara yang umum dilakukan orang-orang untuk menghemat pemakaian bahan bakar mereka ialah dengan mematikan AC dan membuka kaca mobil Anda. Namun hal ini sebenarnya hanya berlaku jika Anda melaju dalam kecepatan rendah. Akan tetapi, jika Anda melaju cukup cepat sekitar enam puluh kilometer per jam atau lebih, sebaiknya Anda tetap menutup kaca mobil. 

Hal ini karena angin dari luar yang masuk ke dalam mobil akan menghambat laju kendaraan yang membuat mobil menjadi lebih berat. Mobil yang berat akan membuat kamu menginjak gas lebih dalam lagi sehingga justru membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. 

5. Membawa barang seperlunya

Cara lain agar bisa semakin membuat irit konsumsi bahan bakar Anda ialah dengan membawa barang seperlunya sesuai yang Anda butuhkan saja. Membawa barang yang terlalu banyak dalam mobil akan membuat beban mobil menjadi lebih berat sehingga membuat mesin akan bekerja lebih ekstra dan akan menghabiskan konsumsi bahan bakar Anda. 

6. Menggunakan fitur penghemat bahan bakar

Saat ini cukup banyak mobil-mobil yang dilengkapi dengan fitur penghemat bahan bakar, seperti fitur eco driving yang akan membuat mesin mobil bekerja dengan lebih efisien. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda lebih irit. Saat ini Anda juga bisa memilih banyak pilihan mobil yang irit bahan bakar seperti mobil Wuling. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label