Dari 5 Jenis Helm ini, Mana yang Jadi Incaran Anda?

Apabila Anda adalah pengguna sepeda motor, maka perlengkapan wajib yang harus dimiliki adalah helm. Sebagai bentuk perlindungan kepala, helm biasanya terbuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti plastik, kevlar dan serat resin. Perbedaan bahan utama dan ukuran serta merk membuat harga helm tiap jenisnya berbeda-beda. 

Helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan saat berkendara dengan sepeda motor, tidak melihat jarak jauh maupun dekat. Pemerintah pun membebaskan masyarakat untuk mengenakan berbagai jenis helm dengan catatan helm tersebut memiliki spesifikasi standard aman. 



Jenis-Jenis Helm

Apabila Anda hendak membeli helm pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui jenis-jenis helm. Supaya Anda tidak menyesal setelah membeli, berikut ulasan mengenai jenis helm yang bisa Anda pergunakan sebagai referensi:

1. Helm Full Face

Helm yang satu ini sering dijumpai dikenakan oleh laki-laki. Memang jenis helm full face cocok dipadukan dengan motor sport. Kaca helm di desain sedemikian rupa hingga seluruh wajah bisa tertutup ketika kaca diaktifkan termasuk bagian bawah mulut. 

Tidak heran apabila jenis helm ini dianggap sebagai helm yang paling aman karena menutup seluruh kepala saat digunakan. Desain helm ini juga memiliki bentuk yang aerodinamis dan tentu cocok digunakan untuk kegiatan balapan. 

2. Helm Shorty

Pecinta moge (motor gede) adalah penggemar jenis helm yang satu ini. Bentuknya seperti setengah lingkaran sehingga hanya bisa menutup bagian atas kepala. Meskipun demikian, helm ini dibuat dengan bahan keras dan tidak mudah pecah. 

Helm ini tidak dilengkapi dengan kaca pelindung wajah sehingga penting bagi Anda untuk menambahkan buff atau masker untuk melindungi wajah dari polusi. Jika belum familiar dengan helm jenis ini, Anda bisa melakukan survei harga helm terlebih dahulu. 

3. Helm Half Face

Jenis helm ini sangat tidak asing di lingkungan Anda. Bagian mulut atau bagian bawah tidak akan tertutup sebab desainnya membiarkan Anda menghirup udara dengan nyaman. Kaca yang terpasang bisa diatur panjangnya sesuai dengan keinginan Anda.

Jenis helm half face memungkinkan Anda untuk tetap bisa berbincang dengan teman. Mulut tidak akan tertutup seperti ketika mengenakan helm full face sehingga suara akan bisa diteruskan melalui udara. 

4. Helm Modular

Apabila Anda suka travelling menggunakan sepeda motor dan menempuh jarak jauh tetapi tidak ingin berganti-ganti helm maka helm jenis ini adalah pilihan tepat. Helm ini memungkinkan Anda untuk mengubahnya menjadi helm full face maupun half face sesuai dengan kebutuhan. 

Biasanya juga helm ini akan dilengkapi dengan kacamata warna hitam yang dapat menjadi perlindungan ketika sinar matahari menyengat dan menyilaukan mata. Pastikan saja Anda berhenti terlebih dahulu untuk mengubah full face menjadi half face atau sebaliknya karena harus menggunakan dua tangan. 

5. Helm Cross

Meskipun jarang dijumpai di jalan raya, jenis helm ini banyak dipakai oleh pengguna sepeda motor jenis trail. Memiliki desain pelindung dagu yang lebih besar serta pada bagian atas kepala memanjang ke depan seperti topi memberikan perlindungan ekstra kepada Anda. 

Itu tadi jenis helm sepeda motor yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda mencari informasi harga helm dari setiap jenisnya sehingga memiliki perbandingan dan bisa mempertimbangkan jenis helm apa yang akan dibeli. Kendati demikian, utamakan memilih helm yang memenuhi standar keamanan sehingga fungsinya bisa lebih maksimal.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label