Pakaian Olahraga Yang Tepat Agar Latihan Anda Maksimal

Bukan hanya baju kerja atau pakaian formal saja yang harus kamu pilih dengan baik lho, baju olahraga juga wajib. Karena olahraga yang berbeda, pakaian yang berbeda dibutuhkan. Pakaian olahraga yang tepat bisa meningkatkan performa olahraga Anda, lho.

Jika kostumnya salah, jelas Anda yang kalah. Sudah beli mahal, tidak bisa bergerak dengan bebas. Akibatnya olah raga tidak maksimal, dan berpotensi menimbulkan cedera juga.

Jadi, daripada kalah cara membeli baju olahraga, ketahui dulu baju olahraga apa yang cocok untuk olahraga favorit Anda. Berikut ulasannya.

Aerobik, lari, atau joging

Ketiga olahraga tersebut merupakan senam kardiovaskular yang tujuannya membakar kalori, lemak, sekaligus menguatkan jantung. Usahakan untuk menggunakan kemeja tanpa lengan agar keringat Anda cepat menguap dan badan terasa ringan.

Apalagi bagi Anda yang suka jogging atau lari-lari di luar ruangan atau di luar ruangan, hindari pakaian berwarna gelap yang menyerap panas. Pakaian tersebut justru akan menjadi beban bagi Anda.

Untuk celana cukup gunakan celana pendek saja agar keringat yang keluar dari pori-pori kaki Anda langsung turun ke tanah. Ingat, semua racun dan racun yang ada di tubuh Anda akan keluar bersama keringat. Jangan sampai keringat kembali masuk ke pori-pori.

Anda juga bisa memakai baju sauna, tapi jangan memakai baju apapun di baju sauna Anda. Nanti Anda bahkan bisa masuk angin.

Fitness (perkembangan massa otot dan kekuatan otot)

Tak jarang para penggemar olahraga ini mengenakan pakaian super ketat agar otot tegasnya bisa terlihat dengan jelas. Atau buat seorang gadis, agar terlihat lebih seksi. Padahal ini salah saja. Apakah Anda ingin fitnes, ingin mencari naksir di gym?

Saat melakukan olahraga ini tubuh membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Jadi, kenakan saja pakaian yang tidak terlalu ketat. Dan pastinya nyaman saat digunakan untuk mengangkat beban dari berbagai sisi.

Namun hindari juga mengenakan pakaian yang terlalu longgar karena ada resiko pakaian Anda tersangkut di mesin fitnes.

Olahraga air

Olahraga air cukup beragam, dari berenang hingga menyelam atau menyelam. Tapi bajunya sama, intinya spandex ketat atau lycra.

Kenapa harus ketat? Karena pakaian yang ketat akan membuat tubuh Anda menjadi hidrodinamik. Anda juga tidak akan kesulitan bernapas dalam air. Selain itu kecepatan gerak Anda di dalam air juga meningkat.

Dan mengapa Anda tidak bisa memakai kapas? Karena pakaian terbuat dari kapas, daya hambatnya tinggi. Selain itu, serat pakaian katun juga sering rontok dan mengotori kolam. Untuk pria, lebih baik tidak memakai pakaian sama sekali. Pakai saja celana renang.

Seni Bela Diri (Tinju, Muaythai, Karate, Taekwondo)

Seni bela diri dengan teknik menyerang rata-rata sudah memiliki seragam sendiri yang disebut "Gi" seperti Karate dan Taekwondo. Pilih baju olahraga di RIVAISPORT Official Store salah satu yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda dan tidak terlalu pas di tubuh Anda. Karena seni bela diri ini kaya akan teknik menendang, khususnya Taekwondo.

Seiring perkembangan zaman, tinju dan muaythai yang tergolong asing mulai menjamur di Indonesia. Tidak jarang seseorang memilih olahraga ini untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda memilih tinju atau Muaythai, cobalah kenakan celana khusus untuk olahraga tersebut. Celana tinju atau muaythai tidak murah, mungkin yang paling murah sekitar Rp. 400 ribu. Tapi gerakan Anda bisa dimaksimalkan.

Satu hal yang membedakan tinju dengan Muaythai adalah tinju tidak menggunakan tendangan. Dalam tinju kamu harus punya sepatu, sedangkan Muaythai tidak butuh sepatu.

Saat di gym, kenakan saja baju tanpa lengan. Karena sebenarnya petinju atau petarung Muaythai pria tidak mengenakan pakaian saat bertanding.

Dan terakhir, jangan lupa untuk membeli handwrap atau hand sanitizer dan sarung tinju. Jangan biasakan meminjam dan meminjam sarung tinju dan handwrap, karena sarung tinju di tempat fitnes digunakan banyak orang secara bergantian. Anda tidak ingin kuman berpindah ke tangan Anda.

Seni bela diri tanah (Jiu Jitsu atau Brazilian Jiu Jitsu)

Tanpa disadari, dengan berkembangnya seni bela diri di Indonesia, Jiu Jitsu dari Jepang menjadi semakin populer. Versi Brazil, yang 100 persen menggunakan teknik ground atau bottom fighting juga populer.

Kedua seni bela diri ini sebenarnya mengharuskan para pesilat untuk mengenakan seragam Gi yang tebal. Karena Jiu Jitsu bisa menggunakan seragamnya sebagai senjata untuk mencekik lawan.

Namun terkadang seni bela diri ini juga tidak harus menggunakan Gi. Yang Anda butuhkan hanyalah setelan rashguard ketat (anti gesekan) yang menyerupai setelan penyelam. Untuk celana, Anda bisa mengenakan celana ketat kompresi atau celana seni bela diri campuran (MMA) karena kelenturan Anda akan dipertaruhkan dalam olahraga ini.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label